Manajemen operasional dalam pencapaian keunggulan kompetitif dan pemenuhan tujuan melalui operasional.
PENGERTIAN STRATEGI OPERASI
Dalam pemenuhan tersebut manajemen operasi menggunakan strategi operasi.Strategi operasi adalah fungsi operasional yang menentukan arah dalam pengambilan sebuah
keputusan yang terintegrasikan bersama strategi bisnis. Strategi
Operasional menciptakan pola pola pengambilan sebuah keputusan
operasional secara konsisten.
Pendapat ahli tentang pengertian strategi operasi :
1. Skninner [1978]
Strategi adalah filosofi yang memiliki keterkaitan dengan alat dalam mencapai tujuan
Strategi adalah filosofi yang memiliki keterkaitan dengan alat dalam mencapai tujuan
2. Hayes dan Wheel Wright [1978]
Mendefinisikan strategi operasional sebagai seluruh aktivitas yang berada dalam ruang lingkup perusahaan
termasuk pengalokasian seluruh sumber daya perusahaan yang dimiliki
3. Hill [1989]
Strategi adalah sebuah cara yang memfokuskan pada suatu hal yang berkaitan dengan aktivitas
manufakture dan pemasaran. Kesemuanya dilakukan untuk mengembangkan perspektif perusahaanmelalui
agregasi
4. Anderson et al [1984
Strategi Operasional adalah visi jangka panjang yang terdiri dari misi, tujuan atau sasaran, kebijakan serta
distintive competence dari suatu perusahaan.
FAKTOR2 YG MENDORONG PERLUNYA STRATEGI OPERASI
Mendefinisikan strategi operasional sebagai seluruh aktivitas yang berada dalam ruang lingkup perusahaan
termasuk pengalokasian seluruh sumber daya perusahaan yang dimiliki
3. Hill [1989]
Strategi adalah sebuah cara yang memfokuskan pada suatu hal yang berkaitan dengan aktivitas
manufakture dan pemasaran. Kesemuanya dilakukan untuk mengembangkan perspektif perusahaanmelalui
agregasi
4. Anderson et al [1984
Strategi Operasional adalah visi jangka panjang yang terdiri dari misi, tujuan atau sasaran, kebijakan serta
distintive competence dari suatu perusahaan.
FAKTOR2 YG MENDORONG PERLUNYA STRATEGI OPERASI
1 Dorongan oleh keinginan utk menekan
biaya (efisiensi) & meningkatkan kualitas produk
2 Melemahnya bargaining position dlm
menghadapi suplier bhn baku,suku cadang/komponen.
3 Saingan smkn kuat dlm pemasaran
produk yg sama
4 Ketiadaan/kelangkaan tenaga
profesional u/bidang keahlian tertentu dlm menciptakan kemampuan
khusus.
INDIKATOR SEBUAH STRATEGI OPERASIOANAL :
khusus.
INDIKATOR SEBUAH STRATEGI OPERASIOANAL :
1.Komitmen terhadap aktivitas yang ada pada lingkup perusahaan
2.Keadaan perusahaan yang ada saat ini dan yang masih direncanakan
3./Proses tranformasi, aktivitas organisasi bisa menjadikan masukan sebagai nilai tambah
4.Distinctive competence, kemampuan spesifik perusahaan dalam memberikan nilai tambah